KODE ETIK ADVOKAT INDONESIA

KODE ETIK ADVOKAT INDONESIA (KEAI)

PEMBUKAAN

Bahwa semestinya organisasi profesi memiliki Kode Etik yang membebankan kewajiban dan sekaligus memberikan perlindungan hukum kepada setiap anggotanya dalam menjalankan profesinya. Advokat sebagai profesi terhormat (officium nobile) yang dalam menjalankan profesinya berada dibawah perlindungan hukum, undang-undang dan Kode Etik, memiliki kebebasan yang didasarkan kepada kehormatan dan kepribadian Advokat yang berpegang teguh kepada Kemandirian, Kejujuran, Kerahasiaan dan Keterbukaan. Bahwa profesi Advokat adalah selaku penegak hukum yang sejajar dengan instansi penegak hukum lainnya, oleh karena itu satu sama lainnya harus saling menghargai antara teman sejawat dan juga antara para penegak hukum lainnya. Oleh karena itu juga, setiap Advokat harus menjaga citra dan martabat kehormatan profesi, serta setia dan menjunjung tinggi Kode Etik dan Sumpah Profesi, yang pelaksanaannya diawasi oleh Dewan Kehormatan sebagai suatu lembaga yang eksistensinya telah dan harus diakui setiap Advokat tanpa melihat dari organisasi profesi yang mana ia berasal dan menjadi anggota, yang pada saat mengucapkan Sumpah Profesi-nya tersirat pengakuan dan kepatuhannya terhadap Kode Etik Advokat yang berlaku. Dengan demikian Kode Etik Advokat Indonesia adalah sebagai hukum tertinggi dalam menjalankan profesi, yang menjamin dan melindungi namun membebankan kewajiban kepada setiap Advokat untuk jujur dan bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya baik kepada klien, pengadilan, negara atau masyarakat dan terutama kepada dirinya sendiri.

BAB I
KETENTUAN UMUM

Pasal 1
Yang dimaksud dengan:
a. Advokat adalah orang yang berpraktek memberi jasa hukum, baik didalam maupun diluar
    pengadilan yang memenuhi persyaratan berdasarkan undang-undang yang berlaku, baik
    sebagai Advokat, Pengacara, Penasehat Hukum, Pengacara praktek ataupun sebagai
    konsultan hukum.
b. Klien adalah orang, badan hukum atau lembaga lain yang menerima jasa dan atau bantuan
    hukum dari Advokat.
c. Teman sejawat adalah orang atau mereka yang menjalankan praktek hukum sebagai
    Advokat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 
d. Teman sejawat asing adalah Advokat yang bukan berkewarganegaraan Indonesia yang
     menjalankan praktek hukum di Indonesia sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
     yang berlaku.
e. Dewan kehormatan adalah lembaga atau badan yang dibentuk oleh organisasi profesi
    Advokat yang berfungsi dan berkewenangan mengawasi pelaksanaan kode etik Advokat
    sebagaimana semestinya oleh Advokat dan berhak menerima dan memeriksa pengaduan
    terhadap seorang Advokat yang dianggap melanggar Kode Etik Advokat.
f.  Honorarium adalah pembayaran kepada Advokat sebagai imbalan jasa Advokat
    berdasarkan kesepakatan dan atau perjanjian dengan kliennya.

BAB II
KEPRIBADIAN ADVOKAT

Pasal 2
Advokat Indonesia adalah warga negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersikap satria, jujur dalam mempertahankan keadilan dan kebenaran dilandasi moral yang tinggi, luhur dan mulia, dan yang dalam melaksanakan tugasnya menjunjung tinggi hukum, Undang-undang Dasar Republik Indonesia, Kode Etik Advokat serta sumpah jabatannya.

Pasal 3
a. Advokat dapat menolak untuk memberi nasihat dan bantuan hukum kepada setiap orang
    yang memerlukan jasa dan atau bantuan hukum dengan pertimbangan oleh karena tidak
    sesuai dengan keahliannya dan bertentangan dengan hati nuraninya, tetapi tidak dapat
    menolak dengan alasan karena perbedaan agama, kepercayaan, suku, keturunan, jenis
    kelamin, keyakinan politik dan kedudukan sosialnya. 
b. Advokat dalam melakukan tugasnya tidak bertujuan semata-mata untuk memperoleh
    imbalan materi tetapi lebih mengutamakan tegaknya Hukum, Kebenaran dan Keadilan.
c. Advokat dalam menjalankan profesinya adalah bebas dan mandiri serta tidak dipengaruhi
    oleh siapapun dan wajib memperjuangkan hak-hak azasi manusia dalam Negara Hukum
    Indonesia.
d. Advokat wajib memelihara rasa solidaritas diantara teman sejawat.
e. Advokat wajib memberikan bantuan dan pembelaan hukum kepada teman sejawat yang
    diduga atau didakwa dalam suatu perkara pidana atas permintaannya atau karena
    penunjukan organisasi profesi.
f. Advokat tidak dibenarkan untuk melakukan pekerjaan lain yang dapat merugikan kebebasan,
   derajat dan martabat Advokat.
g. Advokat harus senantiasa menjunjung tinggi profesi Advokat sebagai profesi terhormat
    (officium nobile).
h. Advokat dalam menjalankan profesinya harus bersikap sopan terhadap semua pihak namun
    wajib mempertahankan hak dan martabat advokat.
i. Seorang Advokat yang kemudian diangkat untuk menduduki suatu jabatan Negara
   (Eksekutif, Legislatif dan judikatif) tidak dibenarkan untuk berpraktek sebagai Advokat dan
   tidak diperkenankan namanya dicantumkan atau dipergunakan oleh siapapun atau oleh
   kantor manapun dalam suatu perkara yang sedang diproses/berjalan selama ia menduduki
   jabatan tersebut.

BAB III
HUBUNGAN DENGAN KLIEN

Pasal 4
a. Advokat dalam perkara-perkara perdata harus mengutamakan penyelesaian dengan jalan 
    damai.
b. Advokat tidak dibenarkan memberikan keterangan yang dapat menyesatkan klien mengenai
    perkara yang sedang diurusnya.
c. Advokat tidak dibenarkan menjamin kepada kliennya bahwa perkara yang ditanganinya
    akan menang.
d. Dalam menentukan besarnya honorarium Advokat wajib mempertimbangkan kemampuan
    klien.
e. Advokat tidak dibenarkan membebani klien dengan biaya-biaya yang tidak perlu.
f. Advokat dalam mengurus perkara cuma-cuma harus memberikan perhatian yang sama
   seperti terhadap perkara untuk mana ia menerima uang jasa.
g. Advokat harus menolak mengurus perkara yang menurut keyakinannya tidak ada dasar
    hukumnya.
h. Advokat wajib memegang rahasia jabatan tentang hal-hal yang diberitahukan oleh klien
    secara kepercayaan dan wajib tetap menjaga rahasia itu setelah berakhirnya hubungan
    antara Advokat dan klien itu.
i. Advokat tidak dibenarkan melepaskan tugas yang dibebankan kepadanya pada saat yang
   tidak menguntungkan posisi klien atau pada saat tugas itu akan dapat menimbulkan kerugian
   yang tidak dapat diperbaiki lagi bagi klien yang bersangkutan, dengan tidak mengurangi
   ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 huruf a.
j. Advokat yang mengurus kepentingan bersama dari dua pihak atau lebih harus
   mengundurkan diri sepenuhnya dari pengurusan kepentingan-kepentingan tersebut, apabila
   dikemudian hari timbul pertentangan kepentingan antara pihak-pihak yang bersangkutan.
k. Hak retensi Advokat terhadap klien diakui sepanjang tidak akan menimbulkan kerugian
    kepentingan klien.

BAB IV
HUBUNGAN DENGAN TEMAN SEJAWAT

Pasal 5
a. Hubungan antara teman sejawat Advokat harus dilandasi sikap saling menghormati, saling
    menghargai dan saling mempercayai.
b. Advokat jika membicarakan teman sejawat atau jika berhadapan satu sama lain dalam
    sidang pengadilan, hendaknya tidak menggunakan kata-kata yang tidak sopan baik secara
    lisan maupun tertulis.
c. Keberatan-keberatan terhadap tindakan teman sejawat yang dianggap bertentangan
    dengan Kode Etik Advokat harus diajukan kepada Dewan Kehormatan untuk diperiksa dan
    tidak dibenarkan untuk disiarkan melalui media massa atau cara lain.
d. Advokat tidak diperkenankan menarik atau merebut seorang klien dari teman sejawat.
e. Apabila klien hendak mengganti Advokat, maka Advokat yang baru hanya dapat menerima
    perkara itu setelah menerima bukti pencabutan pemberian kuasa kepada Advokat semula
    dan berkewajiban mengingatkan klien untuk memenuhi kewajibannya apabila masih ada
    terhadap Advokat semula.
f. Apabila suatu perkara kemudian diserahkan oleh klien terhadap Advokat yang baru, maka
   Advokat semula wajib memberikan kepadanya semua surat dan keterangan yang penting
   untuk mengurus perkara itu, dengan memperhatikan hak retensi Advokat terhadap klien
   tersebut.

BAB V
TENTANG SEJAWAT ASING

Pasal 6
Advokat asing yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku menjalankan profesinya di Indonesia tunduk kepada serta wajib mentaati Kode Etik ini.

BAB VI
CARA BERTINDAK MENANGANI PERKARA

Pasal 7
a. Surat-surat yang dikirim oleh Advokat kepada teman sejawatnya dalam suatu perkara dapat
    ditunjukkan kepada hakim apabila dianggap perlu kecuali surat-surat yang bersangkutan
    dibuat dengan membubuhi catatan "Sans Prejudice ".
b. Isi pembicaraan atau korespondensi dalam rangka upaya perdamaian antar Advokat akan
    tetapi tidak berhasil, tidak dibenarkan untuk digunakan sebagai bukti dimuka pengadilan.
c. Dalam perkara perdata yang sedang berjalan, Advokat hanya dapat menghubungi hakim
    apabila bersama-sama dengan Advokat pihak lawan, dan apabila ia menyampaikan surat,
    termasuk surat yang bersifat "ad informandum" maka hendaknya seketika itu tembusan dari
    surat tersebut wajib diserahkan atau dikirimkan pula kepada Advokat pihak lawan.
d. Dalam perkara pidana yang sedang berjalan, Advokat hanya dapat menghubungi hakim
    apabila bersama-sama dengan jaksa penuntut umum.
e. Advokat tidak dibenarkan mengajari dan atau mempengaruhi saksi-saksi yang diajukan
    oleh pihak lawan dalam perkara perdata atau oleh jaksa penuntut umum dalam perkara
    pidana.
f. Apabila Advokat mengetahui, bahwa seseorang telah menunjuk Advokat mengenai suatu
   perkara tertentu, maka hubungan dengan orang itu mengenai perkara tertentu tersebut hanya
   boleh dilakukan melalui Advokat tersebut.
g. Advokat bebas mengeluarkan pernyataan-pernyataan atau pendapat yang dikemukakan
    dalam sidang pengadilan dalam rangka pembelaan dalam suatu perkara yang menjadi
    tanggung jawabnya baik dalam sidang terbuka maupun dalam sidang tertutup yang
    dikemukakan secara proporsional dan tidak berkelebihan dan untuk itu memiliki imunitas
    hukum baik perdata maupun pidana.
h. Advokat mempunyai kewajiban untuk memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma
    (prodeo) bagi orang yang tidak mampu.
i. Advokat wajib menyampaikan pemberitahuan tentang putusan pengadilan mengenai perkara
   yang ia tangani kepada kliennya pada waktunya.

BAB VII
KETENTUAN-KETENTUAN LAIN TENTANG KODE ETIK

Pasal 8
a. Profesi Advokat adalah profesi yang mulia dan terhormat (officium nobile), dan karenanya
    dalam menjalankan profesi selaku penegak hukum di pengadilan sejajar dengan Jaksa dan
    Hakim, yang dalam melaksanakan profesinya berada dibawah perlindungan hukum, undang
    undang dan Kode Etik ini.
b. Pemasangan iklan semata-mata untuk menarik perhatian orang adalah dilarang termasuk
    pemasangan papan nama dengan ukuran dan! atau bentuk yang berlebih-lebihan.
c. Kantor Advokat atau cabangnya tidak dibenarkan diadakan di suatu tempat yang dapat
    merugikan kedudukan dan martabat Advokat.
d. Advokat tidak dibenarkan mengizinkan orang yang bukan Advokat mencantumkan namanya
    sebagai Advokat di papan nama kantor Advokat atau mengizinkan orang yang bukan
    Advokat tersebut untuk memperkenalkan dirinya sebagai Advokat.
e. Advokat tidak dibenarkan mengizinkan karyawan-karyawannya yang tidak berkualifikasi
    untuk mengurus perkara atau memberi nasehat hukum kepada klien dengan lisan atau
    dengan tulisan.
f. Advokat tidak dibenarkan melalui media massa mencari publitas bagi dirinya dan atau untuk
   menarik perhatian masyarakat mengenai tindakan-tindakannya sebagai Advokat mengenai
   perkara yang sedang atau telah ditanganinya, kecuali apabila keterangan-keterangan yang
   ia berikan itu bertujuan untuk menegakkan prinsip-prinsip hukum yang wajib diperjuangkan
   oleh setiap Advokat.
g. Advokat dapat mengundurkan diri dari perkara yang akan dan atau diurusnya apabila timbul
    perbedaan dan tidak dicapai kesepakatan tentang cara penanganan perkara dengan
    kliennya.
h. Advokat yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Hakim atau Panitera dari suatu
    lembaga peradilan, tidak dibenarkan untuk memegang atau menangani perkara yang
    diperiksa pengadilan tempatnya terakhir bekerja selama 3 (tiga) tahun semenjak ia berhenti
    dari pengadilan tersebut.

BAB VIII
PELAKSANAAN KODE ETIK

Pasal 9
a. Setiap Advokat wajib tunduk dan mematuhi Kode Etik Advokat ini.
b. Pengawasan atas pelaksanaan Kode Etik Advokat ini dilakukan oleh Dewan Kehormatan. 

BAB IX
DEWAN KEHORMATAN
Bagian Pertama
KETENTUAN UMUM

Pasal 10
1. Dewan Kehormatan berwenang memeriksa dan mengadili perkara pelanggaran Kode Etik
    yang dilakukan oleh Advokat.
2. Pemeriksaan suatu pengaduan dapat dilakukan melalui dua tingkat, yaitu:
    a. Tingkat Dewan Kehormatan Cabang/Daerah.
    b. Tingkat Dewan Kehormatan Pusat.
3. Dewan Kehormatan Cabang/Daerah memeriksa pengaduan pada tingkat pertama dan
    Dewan Kehormatan Pusat pada tingkat terakhir.
4. Segala biaya yang dikeluarkan dibebankan kepada:
    a. Dewan Pimpinan Cabang/Daerah dimana teradu sebagai anggota pada tingkat Dewan
        Kehormatan Cabang/Daerah;
    b. Dewan Pimpinan Pusat pada tingkat Dewan Kehormatan Pusat organisasi dimana teradu
        sebagai anggota;
    c. Pengadu/Teradu.

Bagian Kedua
PENGADUAN

Pasal 11
1. Pengaduan dapat diajukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan merasa dirugikan,
     yaitu:
     a.  Klien.
     b.  Teman sejawat Advokat.
     c.  Pejabat Pemerintah.
     d.  Anggota Masyarakat.
     e.  Dewan Pimpinan Pusat/Cabang/Daerah dari organisasi profesi dimana Teradu menjadi
          anggota.
2. Selain untuk kepentingan organisasi, Dewan Pimpinan Pusat atau Dewan Pimpinan
    Cabang/Daerah dapat juga bertindak sebagai pengadu dalam hal yang menyangkut
    Kepentingan hukum dan kepentingan umum dan yang dipersamakan untuk itu.
3. Pengaduan yang dapat diajukan hanyalah yang mengenai pelanggaran terhadap Kode Etik
    Advokat.

Bagian Ketiga
TATA CARA PENGADUAN

Pasal 12
1. Pengaduan terhadap Advokat sebagai teradu yang dianggap melanggar Kode Etik Advokat
    harus disampaikan secara tertulis disertai dengan alasan-alasannya kepada Dewan
    Kehormatan Cabang/Daerah atau kepada dewan Pimpinan Cabang/Daerah atau Dewan
    Pimpinan Pusat dimana teradu menjadi anggota.
2. Bilamana di suatu tempat tidak ada Cabang/Daerah Organisasi, pengaduan disampaikan
    kepada Dewan Kehormatan Cabang/Daerah terdekat atau Dewan Pimpinan Pusat.
3. Bilamana pengaduan disampaikan kepada Dewan Pimpinan Cabang/Daerah, maka
    Dewan Pimpinan Cabang/Daerah meneruskannya kepada Dewan Kehormatan
    Cabang/Daerah yang berwenang untuk memeriksa pengaduan itu.
4. Bilamana pengaduan disampaikan kepada Dewan Pimpinan Pusat/Dewan Kehormatan
    Pusat, maka Dewan Pimpinan Pusat/Dewan Kehormatan Pusat meneruskannya kepada
    Dewan Kehormatan Cabang/Daerah yang berwenang untuk memeriksa pengaduan itu baik
    langsung atau melalui Dewan Dewan Pimpinan Cabang/Daerah.

Bagian Keempat
PEMERIKSAAN TINGKAT PERTAMA OLEH DEWAN KEHORMATAN CABANG/DAERAH

Pasal 13
1. Dewan Kehormatan Cabang/Daerah setelah menerima pengaduan tertulis yang disertai
    surat-surat bukti yang dianggap perlu, menyampaikan surat pemberitahuan
    selambatlambatnya dalam waktu 14 (empat belas) hari dengan surat kilat khusus/tercatat
    kepada teradu tentang adanya pengaduan dengan menyampaikan salinan/copy surat
    pengaduan tersebut.
2. Selambat-lambatnya dalam waktu 21 (dua puluh satu) hari pihak teradu harus memberikan
     jawabannya secara tertulis kepada Dewan Kehormatan Cabang/Daerah yang
     bersangkutan,disertai surat-surat bukti yang dianggap perlu.
3. Jika dalam waktu 21 (dua puluh satu) hari tersebut teradu tidak memberikan jawaban
     tertulis, Dewan Kehormatan Cabang/Daerah menyampaikan pemberitahuan kedua dengan
     peringatan bahwa apabila dalam waktu 14 (empat belas) hari sejak tanggal surat
     peringatan tersebut ia tetap tidak memberikan jawaban tertulis, maka ia dianggap telah
     melepaskan hak jawabnya.
4. Dalam hal teradu tidak menyampaikan jawaban sebagaimana diatur di atas dan dianggap
     telah melepaskan hak jawabnya, Dewan Kehormatan Cabang/Daerah dapat segera
     menjatuhkan putusan tanpa kehadiran pihak-pihak yang bersangkutan.
5. Dalam hal jawaban yang diadukan telah diterima, maka Dewan Kehormatan dalam waktu
    selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari menetapkan hari sidang dan menyampaikan
    panggilan secara patut kepada pengadu dan kepada teradu untuk hadir dipersidangan yang
    sudah ditetapkan tersebut.
6. Panggilan-panggilan tersebut harus sudah diterima oleh yang bersangkutan paling tambat 3
    (tiga) hari sebelum hari sidang yang ditentukan.
7. Pengadu dan yang teradu:
    a. Harus hadir secara pribadi dan tidak dapat menguasakan
        kepada orang lain, yang jika dikehendaki masing-masing dapat didampingi oleh
        penasehat.
    b. Berhak untuk mengajukan saksi-saksi dan bukti-bukti.
8. Pada sidang pertama yang dihadiri kedua belah pihak:
    a. Dewan Kehormatan akan menjelaskan tata cara pemeriksaan yang berlaku;
    b. Perdamaian hanya dimungkinkan bagi pengaduan yang bersifat perdata atau hanya untuk
         kepentingan pengadu dan teradu dan tidak mempunyai kaitan langsung dengan
         kepentingan organisasi atau umum, dimana pengadu akan mencabut kembali
         pengaduannya atau dibuatkan akta perdamaian yang dijadikan dasar keputusan oleh
         Dewan Kehormatan Cabang/Daerah yang langsung mempunyai kekuatan hukum yang
         pasti.
     c. Kedua belah pihak diminta mengemukakan alasan-alasan pengaduannya atau
         pembelaannya secara bergiliran, sedangkan surat-surat bukti akan diperiksa dan saksi
         saksi akan didengar oleh Dewan Kehormatan Cabang/Daerah.
9. Apabila pada sidang yang pertama kalinya salah satu pihak tidak hadir:
    a. Sidang ditunda sampai dengan sidang berikutnya paling lambat 14 (empat belas) hari
        dengan memanggil pihak yang tidak hadir secara patut.
    b. Apabila pengadu yang telah dipanggil sampai 2 (dua) kali tidak hadir tanpa alasan yang
        sah, pengaduan dinyatakan gugur dan ia tidak dapat mengajukan pengaduan lagi atas
        dasar yang sama kecuali Dewan Kehormatan Cabang/Daerah berpendapat bahwa
        materi pengaduan berkaitan dengan kepentingan umum atau kepentingan organisasi.
    c. Apabila teradu telah dipanggil sampai 2 (dua) kali tidak datang tanpa alasan yang sah,
        pemeriksaan diteruskan tanpa hadirnya teradu.
    d. Dewan berwenang untuk memberikan keputusan di luar hadirnya yang teradu, yang
        mempunyai kekuatan yang sama seperti keputusan biasa.

Bagian Kelima
SIDANG DEWAN KEHORMATAN CABANG/DAERAH

Pasal 14
1. Dewan Kehormatan Cabang/Daerah bersidang dengan Majelis yang terdiri
    sekurangkurangnya atas 3 (tiga) orang anggota yang salah satu merangkap sebagai Ketua
    Majelis, tetapi harus selalu berjumlah ganjil.
2. Majelis dapat terdiri dari Dewan Kehormatan atau ditambah dengan Anggota Majelis
    Kehormatan Ad Hoc yaitu orang yang menjalankan profesi dibidang hukum serta
    mempunyai pengetahuan dan menjiwai Kode Etik Advokat.
3. Majelis dipilih dalam rapat Dewan Kehormatan Cabang/Daerah yang khusus dilakukan
    untuk itu yang dipimpin oleh Ketua Dewan Kehormatan Cabang/Daerah atau jika ia
    berhalangan oleh anggota Dewan lainnya yang tertua.
4. Setiap dilakukan persidangan, Majelis Dewan Kehormatan diwajibkan membuat atau
    menyuruh membuat berita acara persidangan yang disahkan dan ditandatangani oleh Ketua
    Majelis yang menyidangkan perkara itu.
5. Sidang-sidang dilakukan secara tertutup, sedangkan keputusan diucapkan dalam sidang
    terbuka.

Bagian Keenam
CARA PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Pasal 15
(1) Setelah memeriksa dan mempertimbangkan pengaduan, pembelaan, surat-surat bukti dan
    keterangan saksi-saksi maka Majelis Dewan Kehormatan mengambil Keputusan yang
    dapat berupa:
    a. Menyatakan pengaduan dari pengadu tidak dapat diterima;
    b. Menerima pengaduan dari pengadu dan mengadili serta menjatuhkan sanksisanksi
        kepadateradu;
    c. Menolak pengaduan dari pengadu.
(2) Keputusan harus memuat pertimbangan-pertimbangan yang menjadi dasarnya dan
      menunjuk pada pasal-pasal Kode Etik yang dilanggar.
(3) Majelis Dewan Kehormatan mengambil keputusan dengan suara terbanyak dan
      mengucapkannya dalam sidang terbuka dengan atau tanpa dihadiri oleh pihak-pihak yang
      bersangkutan, setelah sebelumnya memberitahukan hari, tanggal dan waktu persidangan
      tersebut kepada pihak-pihak yang bersangkutan.
(4) Anggota Majelis yang kalah dalam pengambilan suara berhak membuat catatan keberatan
      yang dilampirkan didalam berkas perkara.
(5) Keputusan ditandatangani oleh Ketua dan semua Anggota Majelis, yang apabila
      berhalangan untuk menandatangani keputusan, hal mana disebut dalam keputusan yang
      bersangkutan.

Bagian Ketujuh
SANKSI-SANKSI

Pasal 16
1. Hukuman yang diberikan dalam keputusan dapat berupa:
    a. Peringatan biasa.
    b. Peringatan keras.
    c. Pemberhentian sementara untuk waktu tertentu.
    d. Pemecatan dari keanggotaan organisasi profesi.
2. Dengan pertimbangan atas berat atau ringannya sifat pelanggaran Kode Etik Advokat dapat
    dikenakan sanksi:
    a. Peringatan biasa bilamana sifat pelanggarannya tidak berat.
    b. Peringatan keras bilamana sifat pelanggarannya berat atau karena mengulangi kembali
        melanggar kode etik dan atau tidak mengindahkan sanksi peringatan yang pernah
        diberikan.
c. Pemberhentian sementara untuk waktu tertentu bilamana sifat pelanggarannya berat, tidak
    mengindahkan dan tidak menghormati ketentuan kode etik atau bilamana setelah mendapat
    sanksi berupa peringatan keras masih mengulangi melakukan pelanggaran kode etik.
d. Pemecatan dari keanggotaan organisasi profesi bilamana dilakukan pelanggaran kode etik
    dengan maksud dan tujuan merusak citra serta martabat kehormatan profesi Advokat yang
    wajib dijunjung tinggi sebagai profesi yang mulia dan terhormat.
3. Pemberian sanksi pemberhentian sementara untuk waktu tertentu harus diikuti larangan
    untuk menjalankan profesi advokat diluar maupun dimuka pengadilan.
4. Terhadap mereka yang dijatuhi sanksi pemberhentian sementara untuk waktu tertentu dan
    atau pemecatan dari keanggotaan organisasi profesi disampaikan kepada Mahkamah
    Agung untuk diketahui dan dicatat dalam daftar Advokat.

Bagian Kedelapan
PENYAMPAIAN SALINAN KEPUTUSAN

Pasal 17
Dalam waktu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari setelah keputusan diucapkan, salinan keputusan Dewan kehormatan Cabang/Daerah harus disampaikan kepada:
a. Anggota yang diadukan/teradu;
b. Pengadu;
c. Dewan Pimpinan Cabang/Daerah dari semua organisasi profesi;
d. Dewan Pimpinan Pusat dari masing-masing organisasi profesi;
e. Dewan Kehormatan Pusat; 
f.  Instansi-instansi yang dianggap perlu apabila keputusan telah mempunyai kekuatan hukum
    yang pasti.

Bagian Kesembilan
PEMERIKSAAN TINGKAT BANDING DEWAN KEHORMATAN PUSAT

Pasal 18
1.  Apabila pengadu atau teradu tidak puas dengan keputusan Dewan Kehormatan
     Cabang/Daerah, ia berhak mengajukan permohonan banding atas keputusan tersebut
     kepada Dewan Kehormatan Pusat.
2.  Pengajuan permohonan banding beserta Memori Banding yang sifatnya wajib, harus
     disampaikan melalui Dewan Kehormatan Cabang/Daerah dalam waktu 21 (dua puluh satu)
     hari sejak tanggal yang bersangkutan menerima salinan keputusan.
3.  Dewan Kehormatan Cabang/Daerah setelah menerima Memori Banding yang
     bersangkutan selaku pembanding selambat-lambatnya dalam waktu 14 (empat belas) hari
     sejak penerimaannya, mengirimkan salinannya melalui surat kilat khusus/tercatat kepada
     pihak lainnya selaku terbanding.
4.  Pihak terbanding dapat mengajukan Kontra Memori Banding selambat-lambatnya dalam
     waktu 21 (dua puluh satu) hari sejak penerimaan Memori Banding.
5.  Jika jangka waktu yang ditentukan terbanding tidak menyampaikan Kontra Memori
      Banding ia dianggap telah melepaskan haknya untuk itu.
6.  Selambat-lambatnya dalam waktu 14 (empat belas) hari sejak berkas perkara dilengkapi
     dengan bahan-bahan yang diperlukan, berkas perkara tersebut diteruskan oleh Dewan
     Kehormatan Cabang/Daerah kepada dewan Kehormatan Pusat.
7.  Pengajuan permohonan banding menyebabkan ditundanya pelaksanaan keputusan Dewan
     Kehormatan Cabang/Daerah.
8.  Dewan kehormatan Pusat memutus dengan susunan Majelis yang terdiri
     sekurangkurangnya 3 (tiga) orang anggota atau lebih tetapi harus berjumlah ganjil yang
     salah satu merangkap
     Ketua Majelis.
9.  Majelis dapat terdiri dari Dewan Kehormatan atau ditambah dengan Anggota Majelis
      Kehormatan Ad Hoc yaitu orang yang menjalankan profesi dibidang hukum serta
      mempunyai pengetahuan dan menjiwai Kode Etik Advokat.
10. Majelis dipilih dalam rapat Dewan Kehormatan Pusat yang khusus diadakan untuk itu yang
      dipimpin oleh Ketua Dewan Kehormatan Pusat atau jika ia berhalangan oleh anggota
      Dewan lainnya yang tertua.
11. Dewan Kehormatan Pusat memutus berdasar bahan-bahan yang ada dalam berkas
      perkara, tetapi jika dianggap perlu dapat meminta bahan tambahan dari pihak-pihak yang
      bersangkutan atau memanggil mereka langsung atas biaya sendiri.
12. Dewan Kehormatan Pusat secara prorogasi dapat menerima permohonan pemeriksaan
       langsung dari suatu perkara yang diteruskan oleh Dewan Kehormatan Cabang/Daerah
       asal saja permohonan seperti itu dilampiri surat persetujuan dari kedua belah pihak agar
       perkaranya diperiksa langsung oleh Dewan Kehormatan Pusat.
13. Semua ketentuan yang berlaku untuk pemeriksaan pada tingkat pertama oleh Dewan
       Kehormatan Cabang/Daerah, mutatis mutandis berlaku untuk pemeriksaan pada tingkat
       banding oleh Dewan Kehormatan Pusat.

Bagian Kesepuluh
KEPUTUSAN DEWAN KEHORMATAN

Pasal 19
1. Dewan Kehormatan Pusat dapat menguatkan, merubah atau membatalkan keputusan
     Dewan Kehormatan Cabang/Daerah dengan memutus sendiri.
2. Keputusan Dewan kehormatan Pusat mempunyai kekuatan tetap sejak diucapkan dalam
    sidang terbuka dengan atau tanpa dihadiri para pihak dimana hari, tanggal dan waktunya
    telah diberitahukan sebelumnya kepada pihak-pihak yang bersangkutan.
3. Keputusan Dewan Kehormatan Pusat adalah final dan mengikat yang tidak dapat diganggu
    gugat dalam forum manapun, termasuk dalam MUNAS.
4. Dalam waktu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari setelah keputusan diucapkan,
    salinan keputusan Dewan Kehormatan Pusat harus disampaikan kepada:
    a. Anggota yang diadukan/teradu baik sebagai pembanding ataupun terbanding;
    b. Pengadu baik selaku pembanding ataupun terbanding;
    c. Dewan Pimpinan Cabang/Daerah yang bersangkutan;
    d. Dewan Kehormatan Cabang/Daerah yang bersangkutan;
    e. Dewan Pimpinan Pusat dari masing-masing organisasi profesi;
    f. Instansi-instansi yang dianggap perlu.
5. Apabila seseorang telah dipecat, maka Dewan Kehormatan Pusat atau Dewan Kehormatan
    Cabang/Daerah meminta kepada Dewan Pimpinan Pusat/Organisasi profesi untuk
    memecat orang yang bersangkutan dari keanggotaan organisasi profesi.

Bagian Kesebelas
KETENTUAN LAIN TENTANG DEWAN KEHORMATAN

Pasal 20
Dewan Kehormatan berwenang menyempurnakan hal-hal yang telah diatur tentang Dewan Kehormatan dalam Kode Etik ini dan atau menentukan hal-hal yang belum diatur didalamnya dengan kewajiban melaporkannya kepada Dewan Pimpinan Pusat/Organisasi profesi agar diumumkan dan diketahui oleh setiap anggota dari masing-masing organisasi.

BAB X
KODE ETIK & DEWAN KEHORMATAN

Pasal 21
Kode Etik ini adalah peraturan tentang Kode Etik dan Ketentuan Tentang Dewan Kehormatan bagi mereka yang menjalankan profesi Advokat, sebagai satu-satunya Peraturan Kode Etik yang diberlakukan dan berlaku di Indonesia.

BAB XI
ATURAN PERALIHAN

Pasal 22
1. Kode Etik ini dibuat dan diprakarsai oleh Komite Kerja Advokat Indonesia, yang disahkan
    dan ditetapkan oleh Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN), Asosiasi Advokat Indonesia (AAI),
    Ikatan Penasehat Hukum Indonesia (IPHI), Himpunan Advokat & Pengacara Indonesia
    (HAPI), Serikat Pengacara Indonesia (SPI), Asosiasi Konsultan Hukum Indonesia (AKHI)
    dan Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM) yang dinyatakan berlaku bagi
    setiap orang yang menjalankan profesi Advokat di Indonesia tanpa terkecuali.
2. Setiap Advokat wajib menjadi anggota dari salah satu organisasi profesi tersebut dalam
    ayat 1 pasal ini.
3. Komite Kerja Advokat Indonesia mewakili organisasi-organisasi profesi tersebut dalam ayat
    1 pasal ini sesuai dengan Pernyataan Bersama tertanggal 11 Februari 2002 dalam
    hubungan kepentingan profesi Advokat dengan lembaga-lembaga Negara dan pemerintah. 
4. Organisasi-organisasi profesi tersebut dalam ayat 1 pasal ini akan membentuk Dewan
     kehormatan sebagai Dewan Kehormatan Bersama, yang struktur akan disesuaikan dengan
     Kode Etik Advokat ini.

Pasal 23
Perkara-perkara pelanggaran kode etik yang belum diperiksa dan belum diputus atau belum berkekuatan hukum yang tetap atau dalam pemeriksaan tingkat banding akan diperiksa dan diputus berdasarkan Kode Etik Advokat ini.

BAB XXII
PENUTUP

Pasal 24
Kode Etik Advokat ini berlaku sejak tanggal berlakunya Undang-undang tentang Advokat 
Ditetapkan di : Jakarta Pada tanggal : 23 Mei 2002 Oleh :
1. IKATAN ADVOKAT INDONESIA (IKADIN)                                       
              Ttd.                                                                  Ttd.
     H. Sudjono, S.H.                                    Otto Hasibuan, S.H. MM.                                        
       Ketua Umum                                            Sekretaris Jenderal

2. ASOSIASI ADVOKAT INDONESIA (AAI)
                  Ttd.                                                    Ttd.                                    
     Denny Kailimang, S.H.                 Teddy Soemantry, S.H.                             
           Ketua Umum                              Sekretaris Jenderal

3. IKATAN PENASIHAT HUKUM INDONESIA (IPHI)
                       Ttd.                                                         Ttd.
    H. Indra Sahnun Lubis, S.H. E.            Suherman Kartadinata, S.H. 
               Ketua Umum                                     Sekretaris Jenderal

4. ASOSIASI KONSULTAN HUKUM INDONESIA (AKHI)
                          Ttd.                                                                    Ttd.                                  
    Fred B. G. Tumbuan, S.H., L.Ph.                    Hoesein Wiriadinata, S.H., LL.M.
       Sekretaris/Caretaker Ketua                            Bendahara/Caretaker Ketua

5. HIMPUNAN KONSULTAN HUKUM PASAR MODAL
                 Ttd.                                               Ttd.
    Soemarjono S., S.H.                     Hafzan Taher, S.H.                                         
         Ketua Umum                            Sekretaris Jenderal  

 6. SERIKAT PENGACARA INDONESIA (SPI)                                                                     
                       Ttd.                                                            Ttd.
      Trimedya Panjaitan, S.H.                        Sugeng T. Santoso, S.H.
              Ketua Umum                                       Sekretaris Jenderal

7. HIMPUNAN ADVOKAT & PENGACARA INDONESIA (HAPI)
                      Ttd.                                                                    Ttd.
    H. A. Z. Arifien Syafe'i, S.H.                           Suhardi Somomoeljono, S.H.
              Ketua Umum                                                  Sekretaris Jenderal

PERUBAHAN I
KODE ETIK ADVOKAT INDONESIA

Ketujuh organisasi profesi advokat yang tergabung dalam Komite Kerjasama Advokat Indonesia (KKAI, yaitu Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN), Asosiasi Advokat Indonesia (AAI), Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI), Asosiasi Konsultan Hukum Indonesia (AKHI), Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM), Serikat Pengacara Indonesia (SPI), dan Himpunan Advokat & Pengacara Indonesia (HAPI), dengan ini merubah seluruh ketentuan Bab XXII, pasal 24 kode etik Advokat Indonesia yang ditetapkan pada tanggal 23 Mei 2002 sehingga seluruhnya menjadi :

BAB XXII
PENUTUP

Kode etik Advokat ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, yaitu sejak tanggal 23 Mei 2002. Ditanda-tangani di: Jakarta Pada tanggal: 1 Oktober 2002 Oleh:

KOMITE KERJA ADVOKAT INDONESIA:
1. IKATAN ADVOKAT INDONESIA (IKADIN)
             Ttd.                                                               Ttd.
    H. Sudjono, S.H.                                 Otto Hasibuan, S.H. MM.
      Ketua Umum                                         Sekretaris Jenderal

2. ASOSIASI ADVOKAT INDONESIA (AAI)
                  Ttd.                                                              Ttd.
    Denny Kailimang, S.H.                            Teddy Soemantry, S.H.
           Ketua Umum                                        Sekretaris Jenderal

3. IKATAN PENASIHAT HUKUM INDONESIA (IPHI)
                       Ttd.                                                                        Ttd.
    H. Indra Sahnun Lubis, S.H.                              E. Suherman Kartadinata, S.H.
               Ketua Umum                                                  Sekretaris Jenderal
 
4. ASOSIASI KONSULTAN HUKUM INDONESIA (AKHI)
                          Ttd.                                                                                Ttd.
    Fred B. G. Tumbuan, S.H., L.Ph.                              Hoesein Wiriadinata, S.H., LL.M.
      Sekretaris/Caretaker Ketua                                        Bendahara/Caretaker Ketua

5. HIMPUNAN KONSULTAN HUKUM PASAR MODAL
                Ttd.                                                                        Ttd.
    Soemarjono S., S.H.                                            Hafzan Taher, S.H.
        Ketua Umum                                                    Sekretaris Jenderal

6. SERIKAT PENGACARA INDONESIA (SPI)
                    Ttd.                                                                      Ttd.
    Trimedya Panjaitan, S.H.                                  Sugeng T. Santoso, S.H.
            Ketua Umum                                                 Sekretaris Jenderal

7. HIMPUNAN ADVOKAT & PENGACARA INDONESIA (HAPI)
                      Ttd.                                                                                  Ttd.
    H. A. Z. Arifien Syafe'i, S.H.                                         Suhardi Somomoeljono, S.H.
              Ketua Umum                                                               Sekretaris Jenderal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FIRMA HUKUM JOHN PRIHADI SITEPU & REKAN